Sulistari Rahayu

Guru PAI SD. Tinggal di Jatilor Kecamatan Godong Grobogan Jawa Tengah. Suka menulis tetapi lebih sering menulis puisi....

Selengkapnya
Navigasi Web
Latihan berekspresi

Latihan berekspresi

Setiap ekspresi memiliki arti yang berbeda. Dan jika kita ingin tahu apa yang sedang dirasakan oleh seseorang, bisa kita lihat wajah atau ekspresinya. Misal wajah dengan mata terbuka lebar, tatapannya tajam dan fokus bila diajak bicara. Itu adalah tanda orang tersebut sudah siap untuk menerima sesuatu atau siap menjalani hidup dengan segala tantangannya. Ekspresi dengan wajah berseri-seri diiringi dengan senyuman dari bibir, itu tanda ekspresi orang yang sedang bergembira atau senang. Ekspresi dengan wajah kusam, pucat warna kulitnya bahkan ada keringat dingin bercucuran. Itu berarti orang tersebut sedang tidak sehat dan menyimpan rasa (entah rasa sakit/grogi). Ekspresi dengan mata sayu yang kadang juga diiringi linangan air dari matanya, itu ekspresi sedih dan kalau air matanya mengalir deras tandanya kesedihannya sudah mendalam sampai ke hati.

Berkaitan dengan ekspresi, dalam membaca puisi pun juga harus diiringi dengan mimik muka (ekspresi) yang sesuai. Tujuannya agar isi dari puisi tersebut sampai ke para pendengar. Dan puisi tidak terkesan monoton atau membosankan apabila bisa membawakannya dengan ekspresi yang tepat. Nah, seperti itulah pembelajaran yang saya tularkan ke murid saya hari tentang membaca puisi. Tidak hanya sekedar dibaca saja, tetapi harus diekspresikan sesuai dengan kata-kata yang ada dalam puisi tersebut.

Jatilor, 21/01/2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post